Resensi Buku: 80 Game Qurani

Judul buku: 80 Game Qurani

Penulis: Rudy Hartanto, S.Pdi Al Hafidz

Jumlah halaman: 90 hlm

Penerbit: Zahrawain Press

Tahun Terbit: Juli 2019

Cetakan: Kedua

Genre: Nonfiksi

Resensator: @faridaelfatica

 

Bismillah,

Bayangkan Anda adalah seorang trainer yang sedang mengisi sebuah pelatihan atau workshop menghafal Al Quran untuk anak, dan pelatihan tersebut berlangsung selama 2-3 hari. Kira-kira, apa yang bisa Anda lakukan untuk menjaga semangat para peserta supaya tetap aktif dan segar dalam mengikuti segenap rangkaian acara. Pastinya dibutuhkan usaha dan kreativitas yang lebih untuk membuat peserta tetap gembira riang sampai akhir acara.

Buku 80 Game Qurani, Cara Kreatif Bikin Anak Betah Ngaji Quran, bisa menjadi pilihan inspirasi yang cocok untuk para trainer penghafal Al Quran, guru-guru di sekolah Islam, sekolah tahfidz, atau pun ibu rumah tangga untuk mengisi quality time bersama anak-anak di rumah.

Mungkin tiada terpikir sebelumnya bahwa proses belajar Al Quran bisa menjadi seasyik ini dengan 80 ragam permainan yang melibatkan *olah fisik dan pikir* anak-anak. Pilihan permainan yang disajikan runut, mulai dari dasar yakni menghafal huruf hijaiyah, menghafalkan nama surat dalam Al Quran, menghafalkan ayat Al Quran berdasarkan tema, sambung ayat, game berkisah isi surat atau makna ayat, sampai level yang tinggi yakni tebak gerak ayat Al Quran dan pantomim berantai.

Membaca biografi sang penulis, ustadz Rudi Hartanto yang merupakan trainer Bahasa Arab dan master trainer menghafal Al Quran, maka tentu saja efektivitas game Qurani yang disajikan dalam buku ini sudah teruji, tinggal bagaimana kita mempraktekkan dan meluruskan niat.

Setelah membaca buku ini, rasanya saya jadi ingin mengumpulkan anak-anak dan bermain bersama di dalam sebuah aula yang luas, bergembira bersama, dan tentu saja, panen pahala bersama, aamiin, insyaAllah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *