Resensi Buku: Hidup Sehat Bersama Kucing

Judul buku: Hidup Sehat Bersama Kucing Kesayangan
Penulis: Nurheti Yuliarti
ISBN: 978-979-22-6247-6
Tebal: 110 hal
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit pertama: 2010
Review oleh: @farida.rbm

 

Hampir semua orang di dunia ini menyukai tingkah laku kucing yang lucu dan menggemaskan. Binatang yang popular dan bahkan tinggal bersama masyarakat ini sering kita temui di jalan-jalan.  Mulai dari kucing liar, kucing kampung sampai kucing ras, semuanya memiliki tingkah aku yang menggemaskan meskipun seringkali ngeselin juga.

 

Sebagaimana layaknya makhluk hidup, kucing juga bisa terkena penyakit. Kucing yang sakit bisa menular ke kucing lainnya bahkan bisa juga menular ke manusia, yang disebut dengan zoonosis. Beberapa penyakit zoonosis diulas dengan bahasa yang mudah dan sederhana di dalam buku ini, seperti Toxoplasma, Campulobacteriosis, Rabies, Scabies, dan Salmonellosis. Di dalam ulasannya, penulis yang berpendidikan dokter hewan lulusan UGM ini memberikan tips dan trik bagaimana penanganan terhadap kucing yang mengidap zoonosis berikut pencegahannya.

 

Selain membahas tentang pencegahan dan perawatan penyakit zoonosis, di dalam buku ini juga disajikan tingkah laku kucing yang merupakan ciri-ciri apakah kucing tersebut sehat atau sakit. Tips merawat kucing di rumah sendiri juga disajikan dengan rinci dan sarat ilmu. Wah pecinta kucing wajib baca buku ini supaya kucingnya lebih terawat dan sehat. Karena bila tidak dipelihara dengan benar, kucing bisa menularkan sejumlah penyakit zoonosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *