Refreshing Murah; Taman Flora Surabaya

taman-flora-7Hidup di kota besar tentunya sangat akrab dengan hiruk pikuk dan kesibukan metropolisnya. Sejak tahun 2001 saya tinggal di Surabaya, belum pernah merasakan yang namanya bangun tidur kemudian santai-santai selain di akhir pekan, itu pun kalau tidak ada pendingan pekerjaan yang lain hehehe… Maklum, hidup di kota, bila tidak pandai-pandai mengatur waktu, maka yang akan ditemui adalah kerugian yang lebih besar; macet, urusan numpuk ngga beres-beres, dll. Kondisi akan sangat jauh berbeda bila kita tinggal di desa, dimana waktu terasa sangat lambat berjalan, entah apa karena pengaruh hehijauan pohon atau faktor-faktor yang lain. Ya sudahlah, dimanapun kita tinggal, yang pasti, disyukuri dan dinikmati saja.

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang wisata atau tempat refreshing murah di kota Surabaya. Memangnya ada? ada, alhamdulillah, dan selalu penuh bila tanggal merah dan atau musim liburan. Maklum, kami masyarakat kota memang sangat butuh piknik namun tetap aman di kantong hehehe…

Taman Flora, atau biasa dikenal dengan sebutan kebun bibit, menjadi salah satu icon objek wisata murah di kota Surabaya. Taman ini terletak persis di samping terminal angkutan kota Bratang di Jl. Manyar, itu sebabnya masyarakat sekitar lebih familiar dengan sebutan Kebun Bibit Bratang dibandingkan dengan nama Taman Flora.

Sesuai dengan namanya, Taman Flora atau Kebun Bibit, taman ini memiliki aneka ragam tumbuhan yang dirawat khusus untuk program penghijauan kota Surabaya. Tak hanya tanaman, di taman ini kita juga bisa menjumpai aneka satwa seperti rusa, menjangan, aneka macam burung yang diletakkan dalam sangkar raksasa, juga kolam ikan.

Wahana outbond mini (untuk anak-anak TK/SD) juga lumayan lengkap tersedia di taman yang terletak di Surabaya Timur kota metropolis ini, di antaranya flying fox, high rope, jaring laba-laba, walking net dan juga rumah pohon. Dan tempat favorit ketiga anak saya adalah wahana permainan yang terletak di sebelah Selatan taman yang diresmikan pada bulan Agustus 2007 ini. Wahan permainan tiap tahun mengalami peningkatan, baik itu secara jumlah maupun jenis (maklum, keluarga kami dulu sering berkunjung ke tempat ini, jadi tau kalau ada yang berubah atau bertambah gitu :D). Nah, daripada dengar cerita saja, bagaimana kalau mampir ke Taman Flora dulu saat berkunjung ke kota Surabaya? Biar ngga terllau penasaran, sedikit capture jepretan amatiran ala saya, lumayan buat obat kepo sesaat hehehe…

taman-flora-2

taman-flora-3

taman-flora-4

taman-flora-5

taman-flora-6

taman-flora-7

taman-flora-8

taman-flora-surabaya-1


Leave a Reply