Misteri Doa-Doa Malaikat

Malaikat, makhluk Allah yang tak kasat mata namun nyata adanya. Mempercayai keberadaan malaikat adalah sebuah kewajiban, yang merupakan poin ke 2 dalam rukun Iman; Iman kepada Malaikat. Allah menciptakan malaikat sebagai utusan yang mengurus berbagai macam urusan.

35_1

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” QS. Fathir: 1

Banyak peran serta malaikat, atas ijin Allah untuk membantu kaum muslimin, di antaranya adalah kisah diutusnya pasukan Malaikat dalam perang badar. Hal ini dikisahkan dalam hadits riwayat Muslim, Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dll yang dikenal dengan hadits Jabril. Di dalam hadits itu disebutkan Nabi Muhammad tidak henti-hentinya berdoa kepada Allah pada saat perang Badar dan dijawab oleh Allah seperti yang tercantum di QS. Al Anfal: 9

“(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”.

*Kisah tentang perang Badar ini dapat dilihat dalam kitab ar Rahiiqul Makhtuum fis Siiratin Nabawiyah, oleh Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri

Pada buku ini juga sedikit dijelaskan tentang perbuatan dan tugas para malaikat. Beberapa poinnya adalah (1) Malaikat sebaga utusan Allah, (2) Menolong para Nabi, (3) Berperang bersama kaum mukminin, (4) Bertasbih dan memuji Allah serta memohonkan ampunan bagi kaum mukminin dan orang-orang yang bertaubat, (5) Menjaga manusia, dan masih banyak lagi tugas yang lainnya.

Perhatikan poin ke 3, 4 dan 5. Bagaimana caranya supaya kita termasuk orang yang didoakan malaikat, dimohonkan ampunan dan dijaga oleh para malaikat sehingga kita bisa meminimalisir gangguan dari para musuh Allah.

Di dalam buku ini, terbagi menjadi dua bab, yakni (I) Golongan Orang yang mendapatkan Doa Malaikat dan (II) Golongan Orang yang Mendapatkan Laknat Malaikat.

Saya tidak akan membahas terlalu jauh, karena nanti tidak akan seru lagi bila saya beberkan semua isi bukunya. Cukuplah sedikit resume yang saya sampaikan. Ada 18 golongan manusia yang mendapatkan doa dari para malaikat. Saya tertarik pada poin ke 16, yakni orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain, masuk ke dalam golongan manusia yang didoakan malaikat. Yang dimaksudkan kebaikan disini adalah ilmu agama dan segala sesuatu yang menyelamatkan seseorang. Ibnu Qayyim al-Jauziyah mengatakan, “Tatkala seseorang mengajarkan kebaikan kepada orang lain yang merupakan sebab keselamatan mereka, kebahagiaan serta pembersihan jiwa-jiwa mereka, maka Allah membalas orang itu dengan balasan yang sebanding, yaitu rahmat yang dilimpahkan baginya, doanya pra malaikat, penghuni langit dan bumi, di mana hal ini pun menyebabkan keselamatan dan kebahagiaan baginya. Dan ketika seseorang menampakkan atau mengajarkan agama Allah dan hukum-hukumNya juga mengenalkan Nama-nama dan Sifat-sifatNya, maka Allah akan melimpahkan rahmat-Nya, dan doa seluruh penghuni langit dan bumi sebagai penghormatan baginya dan sebagai pujian atasnya di hadapan penghuni langit dan bumi.”
MasyaAllah, sungguh besar balasan dari Allah untuk manusia yang mau dan mampu mengajarkan kebaikan kepada orang lain. Siap untuk mendapatkannya? 🙂

Kemudian pada bagian kedua buku ini, dijelaskan mengenai 12 golongan manusia yang memperoleh laknat malaikat. Bila malaikat melaknat orang tersebut, lalu siapakah yang menjadi temannya? Disebutkan disini, salah satu golongan yang mendapatkan laknat dari para malaikat adalah orang yang mencela para sahabat. Siapakah sahabat itu? Disini yang dimaksudkan sebagai sahabat adalah, Sahabat Rasulullah, orang yang hidup di jaman Rasulullah dan pernah bertemu dengan Rasulullah. Kita bisa mengenali Sahabat Rasulullah melalui buku biografi sahabat, ada 60 kisah para sahabat yang sangat baik untuk diambil pelajaran.

Kesimpulan saya, buku ini sangat layak untuk mengisi koleksi buku Islam kita di rumah, karena bila tidak sekarang, kapan lagi kita mempersiapkan diri untuk memberikan persembahan terbaik kepada Allah Azza wa Jalla.. dan salah satu ikhtiar kita adalah menjadi golongan yang didoakan para Malaikat dan menghindarkan diri dari golongan yang dilaknat para Malaikat.

misteri doa malaikat elfatica bookstore

Judul Buku: Misteri Doa-doa Malaikat
Penulis: Prof. DR. Fadhl Ilahi
Penerjemah: Ustadz Beni Sarbeni, Lc dan tim Media Tarbiyah
Editor: Ustadz Abu Qatadah
Penerbit: Media Tarbiyah
Cetakan 1 Februari 2007
Cetakan 2 Januari 2012
Cetakan 3 Januari 2014
Harga Rp 35,000 bisa beli melalui saya via WA di 085791728560

Review ini saya ikut sertakan dalam Islamic Translated Books Reading Challenge 2016


3 Comments

  • Evyta Ar

    January 23, 2016

    masya Allah, hanimmm … jadi pengen punya buku ini juga. subhanallah, buku yang sebelumnya aja belum semua dibaca ya, udah kepingin lagi yang lain *digetok* 😀

    Reply
    • farida elfatica

      January 26, 2016

      hehehe… buruan dikebut bacanya… 😀
      btw, bukunya masih ada yang available dan sudah hanim sisihkan buat evy :))

      Reply
  • Pingback:Iman kepada Malaikat Allah | Think & Thanks!

Leave a Reply