Ensiklopedi Kesalahan dalam Ibadah

bukunya sy pakein pita pink heheManusia diciptakan Allah dalam ragam yang berbeda-beda, juga dalam hal ketertarikan pada sebuah pembahasan bisa jadi satu sama lain memiliki selera yang berbeda. Namun, satu hal yang paling penting untuk dijadikan perhatian adalah apapun dan bagaimanapun tipe, selera, pendidikan, pemahaman, dan lain sebagainya tetap merujuk pada ketentuan yang sudah ditetapkan di dalam Al Qur’an yang mulia serta As Sunnah yang telah banyak diriwayatkan oleh para alim ulama.

Buku karya Syaikh Wahid Abdussalam Bali ini memberikan bahasan mengenai ibadah yang biasa kita lakukan sehari-hari. Penyajiannya dibagi menjadi beberapa bagian; (1) Kesalahan dalam Akidah, (2) Kesalahan dalam Thaharah, (3) Kesalahan dalam Adzan dan Iqamat, (4) Kesalahan dalam Masjid, (5) Kesalahan dalam Sholat Jumat, dan (6) Kesalahan dalam Shalat Dua Hari Raya.

Kalau membaca judul di setiap pembagian bukunya, kok seperti apa ya, banyak sekali kesalahan-kesalahan, apa memang demikian? Setelah saya membaca dengan seksama, sebetulnya yang dituliskan adalah sunnah-sunnah yang bisa dilakukan di antara bab-bab tersebut di atas. Disini saya rasa hal yang perlu untuk diperbaiki dalam pemberian judul, jadi bukan fokus ke kesalahan melainkan ke sunnah-sunnah apa saja yang bisa dilakukan.

Sebagian orang tidak memperhatikan sunnah ini, yaitu menggosok gigi ketika bangun tidur. Apabila seseorang tidur, maka bau mulutnya akan berubah sehingga dia dianjurkan untuk menggosok gigi ketika bangun tidur… hal.117

Kutipan di atas saya ambil dari bab Kesalahan dalam Thaharah. Disini, bisa kita lihat bahwa pada pembahasan tidak serta merta berbicara mengenai kesalahan saja, namun juga disebutkan sunnah-sunnah yang bisa dilakukan pada bab terkait.

Pembahasan tradisi-tradisi yang diangkat, nampaknya diambil dari kebiasaaan yang terbentuk di negeri tempat penulis tinggal, karena ada banyak tradisi yang saya sendiri belum pernah mendapatinya di daerah saya. Namun, bisa jadi tradisi tersebut juga dilakukan di daerah lain. Satu hal yang unik, yakni mengenai tradisi mencium uang. Hehe.. saya kaget ternyata kebiasaan mencium uang ada juga ya di luar negeri, saya kira hanya terjadi di pasar daerah saya saja. Di dalam buku ini disebutkan, “Sebagian pedagang mencium uang pertama yang diperolehnya dari dagangan pertama yang terjual pada permulaan hari. Perbuatan ini tidak ada dasarnya dalam syariat.” hal.67

Kekurangan yang saya rasakan dari buku ini, adalah tidak membahas secara detail setiap sub topik bahasan. Jadi, ada bahasan yang dijabarkan secara rinci dan detail, namun banyak juga bahasan yang tidak dijabarkan secara terperinci. Namun, kekurangan ini bisa juga dikatakan sebagai kelebihan di sisi lain.

Seperti layaknya sebuah kamus, yang memuat kata dan terjemahannya tanpa perlu menjelaskan dari mana kata ini berasal, atau juga tidak disebutkan bila kata ini bertemu dengan kata ini akan berarti apa, namun kamus tetap saja bermanfaat dan banyak dibutuhkan di lembaga-lembaga pendidikan, formal maupun non formal. Nah, buku Ensiklopedi Kesalahan dalam Ibadah ini juga demikian, kita bisa jadikan buku ini layaknya sebuah kamus, yang memuat keterangan-keterangan singkat dan padat bersumber dari Al Quran dan Sunnah sebagai pedoman aktivitas kita sehari-hari apabila bertemu dengan tradisi-tradisi dan atau adat lainnya.

Misalnya, saat safar.. lengkap pakai kaos kaki dan sepatu, mau sholat tidak menemukan masjid, namun bagaimanapun harus tetap sholat. Mau wudhu, kok rasanya repot sekali ya misal harus lepas kaos kaki karena hanya ada kamar mandi, tidak ada kran khusus tempat wudhu yang tertutup. Nah di buku ini ada pembahasan mengenai hal tersebut. Boleh hanya mengusap sepatu tanpa harus melepaskannya ketika berwudhu, asalkan terpenuhi tiga syarat, yakni (1) Memakai sepatu setelah bersuci dengan air secara sempurna, (2) Kedua sepatu menutupi anggota wudhu yang wajib dibasuh, (3) Bahan kedua sepatu itu suci. Nah.. hal-hal yang seperti ini belum banyak diketahui, tapi ada dijelaskan di dalam buku ini. Hal-hal seperti mengusap sepatu ketika berwudhu merupakan kemudahan dalam menjalankan syariat agama, bahkan disebutkan sunnah, dianjurkan oleh banyak ulama karena ada hadits shohihnya.

Bagaimanapun, buku ini banyak memberikan pengalaman dan wawasan baru untuk saya yang fakir ilmu…

bukunya sy pakein pita pink hehe

Judul Buku: Kesalahan dalam Ibadah
Judul Asli: Al Kalimatu An-Nafi’atu fil Akhthai Asy-SYai’ati
Penulis: Wahid Abdussalam Bali
Penerjemah: Muhammad Isa Anshory, Agus Wadi
Editor: Ferry Irawan
Penerbit: Ummul Qura
ISBN: 978-602-7637-13-9
Tebal: 456 halaman
Harga: Rp 95,000 (bisa dibeli di toko buku online ensiklopedi ibadah)


2 Comments

Leave a Reply