Refreshing Murah; Taman Flora Surabaya

taman-flora-7Hidup di kota besar tentunya sangat akrab dengan hiruk pikuk dan kesibukan metropolisnya. Sejak tahun 2001 saya tinggal di Surabaya, belum pernah merasakan yang namanya bangun tidur kemudian santai-santai selain di akhir pekan, itu pun kalau tidak ada pendingan pekerjaan yang lain hehehe… Maklum, hidup di kota, bila tidak pandai-pandai mengatur waktu, maka yang akan ditemui adalah kerugian yang lebih besar; macet, urusan numpuk ngga beres-beres, dll. Kondisi akan sangat jauh berbeda bila kita tinggal di desa, dimana waktu terasa sangat lambat berjalan, entah apa karena pengaruh hehijauan pohon atau faktor-faktor yang lain. Ya sudahlah, dimanapun kita tinggal, yang pasti, disyukuri dan dinikmati saja.

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang wisata atau tempat refreshing murah di kota Surabaya. Memangnya ada? ada, alhamdulillah, dan selalu penuh bila tanggal merah dan atau musim liburan. Maklum, kami masyarakat kota memang sangat butuh piknik namun tetap aman di kantong hehehe…
Continue reading →

Facebook Comments

Safari Masjid #1 Masjid Agung Surabaya

9Rubrik baru yang sengaja saya buat di blog ini, yakni safari masjid, sebuah review singkat dari kami saat melakukan perjalanan atau main/singgah di masjid-masjid di bumi Allah.

Masjid pertama yang saya pilih untuk ditulis reviewnya adalah masjid agung Surabaya. Sebuah masjid terbesar kedua di Indonesia yang berlokasi di samping jalan tol Surabaya-Porong. Nah, biasanya yang melakukan perjalanan ke Surabaya dan melewati jalan tol, bisa menikmati indahnya tampilan kubah dan menara masjid agung Surabaya ini.

Karena tempatnya juga ngga jauh dari rumah, jadilah kami sekeluarga cukup sering main-main kesana, selain halamannya luas dan teduh, ruang dalam masjid juga sangat luas dan nyaman.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa Masjid Agung Surabaya ini (atau disebut juga dengan Masjid Al Akbar Surabaya) memiliki halaman parkir yang luas dan rindang. Maka bila hari libur, pilihan tepat bila pagi-pagi sudah berkunjung ke masjid ini. Di halaman masjid, selain sebagai tempat parkir mobil dan motor, sering pula saya Continue reading →

Facebook Comments

Sayembara Menulis Surat Untuk Mendikbud 2016

lomba-menulis-surat-untuk-mendikbud-2016 Sedang senang berburu informasi di dunia pendidikan sambil nostalgia jaman dulu saat masih sekolah hehe… Gpp lah meski anak-anak sekolahnya masih TK, SD dan MI kelas awal, siapa tau informasi ini bermanfaat untuk pengunjung blog saya ini ^_^ Yuk, silahkan disimak ^,^

Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2016, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengajak anak-anak siswa SD/Madrasah Ibtidaiah kelas 4, 5, dan 6 serta siswa SMP/Madrasah Sanawiah kelas 7 di seluruh Indonesia untuk mengikuti sayembara menulis surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Continue reading →

Facebook Comments

Mari Bebersih ^__^

cleanuhuk.. uhuk.. debunya blog ini makin tebal saja… tiap dikunjungi cuman dilihat saja, ga bawa sapu dan pel. Sayang juga yah, ada media nulis, tapi tulisannya ga konsisten (duh, memang kok, konsisten menulis itu butuh perjuangan T_T). Tapi ya semua bisa dijalani selama ada kemauan dan tekad yang kuat <(^,^) Sebetulnya mau nulis banyakkk sekali, tai semua skema tulisan itu hanya ada di angan-angan saja dan menguap.. hilang.. ditelan waktu dan kemalasan (*plak) Yak, mari kita bebersih blog ini dulu... bersihkan dari semua debu dan tungau, supaya fresh dan semangat lagi nulisnya... nulis yang bermanfaat, nulis yang baik.. biar menjadi cermin diri sendiri di kemudian hari ^__^ semangattt.. eiya, pas nih hari ini, Idul Adha, selamat hari Raya Idul Adha yaa.... semalam euforia Idul Adha rameeee banget di kampung ortu, tengah malam para hewan qurban berdatangan hihi jam 12 malem lho... dan warga berduyun membuat kandang buatan sementara untuk mengikat tali si hewan. semoga tauladan nabiyullah, Ibrahim dan putranya Ismail, menambah ketaatan kita pada Rabb semesta alam, Allah subhanahu wa ta'ala.. aamiin...

Facebook Comments

Tabel Jadwal Ramadhan Anak-anak

Assalamu’alaykum…
Alhamdulillah.. kita memasuki malam 1 Ramadhan 1437H, malam penuh keberkahan, rahmat dan ampunan dariNya. Tentunya sebagai umat muslim, kita sangat berbahagia memasuki bulan suci Ramadhan. Target demi target baik itu harian, pekanan maupun target di akhir bulan Ramadhan nanti tentu sudah kita buat, termasuk salah satunya mengajak anak-anak terlibat di kegiatan amal shalih di bulan penuh ampunan dan keberkahan ini.
Antusiasnya si kk, anak pertama kami, turut mempengaruhi kedua adiknya bersuka cita menyambut bulan Ramadhan serta bersemangat untuk berlomba-lomba dalam amal shalih mereka, insyaAllah. Giliran ibunya nih yang harus pandai-pandai menyikapi, supaya latihan berpuasanya anak-anak tetap menyenangkan dan juga menyehatkan. Continue reading →

Facebook Comments

Kids Activity; Cushion Applique

Yes, they did it

My lil daughter has her school-off for couple of weeks. I know, it will be bored time for her if she doesn’t have any fun educative activity.

Yes, she loves to create something usefull, colouring page and drawing. But, I have to find more ideas for her to enjoy her long holidays.

I decided to involved them to learn how to make a fabric applique cushion. It was really enjoyable moment for them, their first experience to cut off the fabric by their ownselves, stick it and learn how to sew the fabric.
Below are their full-of-smiles expression.

3
Continue reading →

Facebook Comments

Tidur, Mimpi, Doa, dan Setan

sufficientAda sepenggal cerita dari seorang anak kecil yang menarik untuk disimak;

“Semalam aku tidur, mimpi ngga enak, lalu aku terbangun kedinginan. Aku peluk guling, tapi kemudian aku melihat bayangan berbentuk bulat besar bertanduk, seperti boneka tapi jelek punya badan dan membawa tombak. Bayangan itu melihat ke arahku sehinga membuat tubuhku kaku dan semakin kedinginan.”

“Lho sebelum tidur sudah baca do’a belum?”

“Sudah baca doa sebelum tidur, tapi sepertinya ngga lengkap karena di tengah-tengah baca doa aku ngantuk sekali mungkin aku tertidur. Sebelum tidur aku baca doa bismika Allahumma ahya wa bismika amuut lalu baca ayat kursi, lalu al ikhlas, al falaq dan an naas.”
Continue reading →

Facebook Comments

Aquartisnya Gurame Kerdil

si ekor pelangi Guppy

si ekor pelangi Guppy

Hari ini akhirnya kuputuskan untuk mengadopsi penghuni baru akuarium mini di rumah. Setelah bertahan di aneka ragam jenis ikan Guppy (Poecilia reticulata) dan Goldfish (Carrasius auratus) beberapa bulan. Si Guppy sudah ngga mampu lagi bertahan saat terkena serangan kutu kura-kura/kutu tempel/argulus. Sedangkan si goldfish tumbuh lebih sehat dan bahagia setelah saya coba masukkan ke dalam ikan koi campur dengan patin (mudah-mudahan sehat, selamat dan bahagia terus ya ‘nduk! hehe).

pink danio, cantik menyala warna pink nya

pink danio, cantik menyala warna pink nya

Awalnya tertarik sama si pinkies danio (Danio rerio) secara itu ikan tanpa lampu penerang saja warnanya sudah menyala cantik banget, dan anak-anak juga tertarik saat kali pertama melihat. Tapi, tunggu dulu, mau lihat jenis-jenis yang lainnya dulu, siapa tau ada yang menarik lainnya. Hampir naksir juga sama si hitam manis koki lowo (black moor), biasa kalau ini mah anak perempuan saya yang suka sm jenis goldfish. Cuman kan sudah punya gold fish jenis mutiara, jadi ngga dulu deh untuk yang black moor hitam manis ini.

koki lowo/black moor

koki lowo/black moor

si gembul koki mutiara yang sekarang makin hepi di kolam

si gembul koki mutiara yang sekarang makin hepi di kolam

Perjalanan berhenti di sebuah kantong plastik berisikan ikan hias berwarna agak pudar (lhoh tumben?). Iya warna ikan ini memang sedikit pudar, dengan bentuk pipih lonjong dan garis-garis samar sebagai motif di tubuhnya. Saat saya bertanya ke si penjual ikan hias, dia bilang nama ikan ini Aquartis (dengar saya sih begitu, suami dan anak-anak pun juga dengarnya ada aqua aqua nya hehe). Entah kenapa, meski warnanya yang agak pudar itu, bikin saya naksir, feeling saya mengatakan ini ikan agak jarang dijumpai, di lapak itu tinggal satu kantong pula berisi 25 ekor. Jadilah saya adopsi dia saja.
Continue reading →

Facebook Comments

Fitrah Ensiklopedi Al Quran Anak

Bismillah, pastinya para penggemar buku, menyisihkan budget/anggaran tertentu untuk belanja buku-buku. Pun saya juga demikian, meski rasanya (terkadang) terbersit pikiran, nanti sempat ngga ya bacanya, ah takutnya cuman beli tapi ga kebaca, dan segenap gambaran negatif lainnya yang menahan saya untuk tidak membeli buku. Pernah ngga ada pikiran seperti itu? pernahhhh.. saya yakin 90% pengunjung blog saya ini pernah berpikiran seperti itu, hayo ngaku hehe…

Apalagi saat berjalan di sebuah lorong koleksi Al Qur’an, biasanya melirik saja, atau bahkan jalan lurus saja hehehe… dengan alasan, di rumah sudah punya banyak AL Qur’an. Yak Anda benar, saya juga seperti itu. Al Qur’an kan isinya semua pasti sama, paling beda di warna cover, kertas atau ornamen bagian cover saja. Yak, saya pun berpikiran seperti itu, karena di rumah sudah punya lebih dari 5 Al Qur’an, beraneka ragam ukuran, warna dan tentu saja penerbit serta harga hehe…
Continue reading →

Facebook Comments

Resensi Buku Surga & Neraka DR. Mahir Ahmad

surganerakafaridahanimcomBismillaahirrahmaanirrahiim..

Berbicara mengenai Surga & Neraka, pasti erat kaitannya dengan hari akhir, dimana setiap yang berjiwa akan mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di hadapan Allah, Sang Khaliq, Rabb semesta alam dan isinya. Buku yang berjudul Surga & Neraka ini adalah sebuah buku terjemahan dari dua buah kitab yang berjudul: Jinan al Khuds: Na’imuha wa qushuruha wa huruha dan An-naar: ahwaluha wa adzabuha. Buku ini terbagi menjadi dua judul, judul pertama yakni Mengintip Indahnya Surga. Continue reading →

Facebook Comments